Benda dikatakan bergerak oleh titik acuan yang dianggap diam. Misalnya sepeda motor bergerak dengan kecepatan 30 m/s ia dikatakan bergerak oleh titik acuan yang diam misalnya pengamat. Contoh lain penumpang di dalam bis sedang duduk di kursi sedangkan bus bergerak dengan kecepatan 50 m/s sedang pengamat di tepi jalan diam, dalam hal ini dikatakan penumpang diam terhadap bus sedang orang yang ditepi jalan itu dikatakan bergerak terhadap penumpang dengan kecepatan - 50 m/s.
Masalah sehari-hari berhubungan dengan gerak relatif :
Di gerbang pintu SMAN Ngantang sedang bergerak sepeda motor ke kanan dengan kecepatan 10 m/s, dan juga dari arah kambal bergerak mobil dengan kecepatan 40 m/s. Andi diam di pintu gerbang menunggu bis puspa indah.
menurut andi berapa kecepatan motor?
menurut andi berapa kecepatan mobil?
menurut sepeda motor berapa kecepatan mobil?
menurut mobil berapa kecepatan sepeda motor?
Berdasarkan Lintasannya gerak dibagi menjadi ;
1. Gerak lurus
2. Gerak melingkar
3. Gerak parabola
4. Gerak acak
Berdasarkan kecepatanya gerak dibagi menjadi :
1. Gerak dengan kecepatan tetap setiap saat
2. Gerak dengan kecepatan berubah beraturan setiap saat
3. Gerak dengan kecepatan berubah tidak beraturan
Berdasarkan posisi benda yang bergerak pada bidang kartesius gerak dibagi menjadi
1. Gerak arah sumbu x, misalnya Gerak lurus beraturan arah horisontal (GLB), GLBB arah horisontal
2. Gerak arah sumbu y, misalnya gerak jatuh bebas (GJB), gerak vertikal ke atas (GVA), gerak vertika ke bawah
3. Gerak perpaduan arah sumbu x dan y, misalnya Gerak Parabola, Gerak Melingkar.
Perhatikan animasi berikut ini :
yang pertama bola menuruni bidang miring, Gerak Lurus Berubah Beraturan dipercepat (a = + ) Vo = 0
yang kedua bola mendatar arah positif ada perlambatan arah percepatan berlawanan dengan arah kecepatan
yang ketiga adalah gerak melingkar arah percepatan menuju pusat lingkaran dan arah kecepatan Tegak Lurus arah percepatan
yang keempat Gerak Berubah Beraturan deperlambat ( a = - ) dan Vo tidak nol, tapi kecepatan akhir = 0
GERAK LURUS BERATURAN.
Gerak dengan lintasan berupa garis lurus dimana kecepatan benda selalu tetap setiap saat dan nilai percepatannya nol. Perhatikan animasi dari http://www.physicsclassroom.com/mmedia/kinema/cpv.cfm berikut ini.
Tanda plus menunjukkan posisi awal, jarak titik ke titik berikutnya menunjukkan perubahan posisi per waktu.
gravik kiri (s-t), grafik tengah (v-t) sedangkan grafik kanan ( a-t) dimana a = nol atau tidak mempunyai percepatan.
Dalam hal gerak lurus maka besarnya perpindahan sama dengan Jarak tempuh dan besar kecepatan sama dengan kelajuannya sehingga diperoleh rumusan :
GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN.
Yaitu gerak dengan lintasan berupa garis lurus, dan kecepatannya selalu berubah secara beraturan setiap waktunya. Perubahan kecepatan tiap satuan waktu inilah yang dimaksud dengan percepatan. Percepatan dapat bernilai positif atau pun negatif. Perhatikan animasi gif berikut ini (http://www.physicsclassroom.com/mmedia/kinema/pvpa.cfm) :
Tanda plus menunjukkan posisi awal benda, jarak tiap titik menununjukkan delta S atau perubahan posisi benda setiap waktu (terlihat tiap waktu bertambah mengikuti grafik fungsi kwadrat).
Grafik kiri (s-t) berupa fungsi kwadratik yaitu berupa kurva, grafik tengah (v-t) berupa fungsi linier menunjukkan bahwa kecepatan selalu berubah dan grafik kanan (a-t) menunjukkan nilai percepatan konstan (tidak sama dengan nol)
Bandingkan dan pelajari perbedaan animasi dan grafik dari GLBB dan GLB. Sehingga pada GLBB terdapat besaran fisika yang baru yaitu percepatan. Perumusannya :
.vt = kecepatan akhir atau kecepatan saat t tertentu
.vo = kecepatan awal
a = percepatan
t = waktu
s = jarak tempuh
Di bangku SMP kalian tentunya sudah mengenal gradien atau kemiringan grafik fungsi yang bisa diungkap dengan persamaan : (y-y1) = m(x-x1) dengan m sebagai kemiringan. Nah di pelajaran fisika kali ini bisa dituliskan sebagai : (v-vo) = a (t-to), yaitu pada grafik v-t, kemiringan atau gradiennya adalah nilai percepatan itu sendiri. atau lebih di kenal dengan persamaan :
Di bangku SMP kalian tentunya sudah mengenal gradien atau kemiringan grafik fungsi yang bisa diungkap dengan persamaan : (y-y1) = m(x-x1) dengan m sebagai kemiringan. Nah di pelajaran fisika kali ini bisa dituliskan sebagai : (v-vo) = a (t-to), yaitu pada grafik v-t, kemiringan atau gradiennya adalah nilai percepatan itu sendiri. atau lebih di kenal dengan persamaan :
SOAL-SOAL YANG DISELESAIKAN
1. Sebuah mobil menempuh lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Jika
jarak tempuh 120 meter ditempuhdalam waktu 30 detik, berapa kelajuan
mobil tersebut?
2. Mobil sedan bergerak lurus dengan kecepatan tetap 2 m/s. Berapa perpindahan yang ditempuh sedan tersebut dalam waktu 5 detik?
3. Mobil sedan bergerak lurus dengan kecepatan tetap 72 km/jam.
Berapa perpindahan yang ditempuh sedan tersebut dalam waktu 30 detik ?
4. Mobil A bergerak dengan kelajuan tetap 20 m/s, sedangkan mobil B juga
bergerak dengan kelajuan tetap 15 m/s. Jika titik acuan awal kedua
mobil sama berapakah jarak mobil A dengan mobil B setelah bergerak
selama 5 menit?
5. Benda mula mula diam, dua detik kemudian kecepatannya menjadi 12 m/s.
Hitung percepatan yang dialami benda. (gambarkan model mobil dengan
besaran besaran fisikanya)
6. Benda mula-mula bergerak dengan kecepatan 12 m/s karena suatu hal
tiga detik kemudian benda berhenti. Hitung percepatan yang dialami
benda. (gambarkan model awal dan akhirnya)
7. Benda mula-mula bergerak dengan kecepatan 10 m/s karena diperlambat
kecepatannya turun menjadi 2 m/s dalam waktu 4 detik. Hitunglah a.
percepatan benda, b, jarak yang ditempuh selama 4 detik tersebut.
8. Balok mula-mula bergerak di atas bidang mendatar yang licin dengan
kecepatan 2 m/s, balok di dorong sehingga mengalami percepatan 3 m/s2.
A. Hitung kecepatan balok 4 detik setelah didorong. B. Hitung jarak
tempuh 4 detik setelah balok di dorong.
9. Kecepatan sepeda mula-mula 36 km/jam. Karena mengalami pengereman
selama 2 detik kecepatannya turun menjadi 18 km/jam. Berapa besar dan
arah percepatan sepeda? Nyatakan dalam m/s2.
10. Hitung perpindahan yang ditempuh selama pengereman dari soal nomer 9 di atas.
11. Berapakah kecepatan dari benda yang bergerak, dari grafik di bawah ini?
12. Berapakah kecepatan dari benda yang bergerak, dari grafik di bawah ini?
13. Berapakah kecepatan awal dan berapakah percepatan dari gerak benda
yang ditampilkan pada grafik kecepatan vs waktu berikut ini?
14. Dari soal no 13 tsb berapa perpindahan yang ditempuh benda dari awal hingga detik ke empat?
15. Sebuah kendaraan yang bergerak dengan kelajuan 25 m/s direm sehingga memperoleh perlambatan tetap 2 m/s2. Berapakah kelajuannya setelah kendaaraan menempuh jarak 150 meter?
16. Mobil mula-mula bergerak dengan kecepatan tetap 10 m/s. kemudian direm sehigga mengalami perlambatan tetap 2 m/s2. Berapa jarak tempuh mobil dari pengereman hingga berhenti?
(perlambatan adalah percepatan dengan nilai negatif, secara vektor
dikatakan arah percepatan berlawanan dengan arah kecepatan) saat melihat
animasi perhatikan arah percepatan dan kecepatannya.
No comments:
Post a Comment